Thursday, July 16, 2009

Duel Google vs Microsoft

Duel Google vs Microsoft

By: Didi Supandi

Perseteruan antara Microsoft dengan Google terus berlanjut. Setelah lama tidak membuahkan hasil yang menggembirakan untuk menyaingi Google dalam penggunaan internet, akhirnya program mesin pencari (search engine) buatan microsoft “Bing.com” mulai sedikit demi sedikit membuahkan hasil. Dalam masa percobaan beberapa bulan saja Bing telah berhasil mendapatkan 17% penggunaan, menggeser popularitas Yahoo.com sebagai mesin pencari yang hanya mendapat 12%. Namun masih cukup jauh untuk mengejar dominasi Google yang mendapatkan 74-78% pengguna internet.

Google pun tidak tinggal diam. Jika Microsoft menyerang Google dengan Bing-nya, maka perusahaan Google juga menyerang Microsoft dengan meluncurkan browser untuk menyaingi browser/penjelajah milik microsoft “Internet Explore” dengan produk browser baru mereka yang mereka namakan “Google Chrome”, yang sekarang meramaikan pengguna internet dengan tampilan yang lebih menarik dan fungsi yang tidak kalah hebatnya dari Internet Explore (I.E) milik Microsoft. (kita pun sekarang mendapatkan tambahan beberapa browser selain Internet Explore, yaitu Google Chrome, Opera, Mozilla FireFox, dan Safari (dari Apple) yang dapat kita coba semuanya gratis).

Serangan perusahaan Google terhadap Microsoft tidak berhenti sampai di situ saja. Mereka saat ini sedang mempersiapkan proyek besar untuk menyerang produk andalan Microsoft yaitu (siapa lagi kalau bukan) OS WINDOWS. Saat ini perusahaan Google tengah menggodok program baru lebih tepatnya OS (operating system) baru untuk komputer yang dapat menyaingi kehebatan dan dominasi Microsoft dengan OS Windowsnya (XP, VISTA, dan SEVEN) dan mereka rencananya menamakan produk baru untuk komputer tersebut dengan nama “OS Chrome”. Mereka menjanjikan bahwa OS Chrome akan dapat berjalan lebih cepat dari OS Windows. Tidak kalah pentingnya perusahaan Google akan menjadikan pengguna OS Chrome itu tidak perlu mengeluarkan uang, alias GRATIS. Rencananya, OS Chrome (baca krom) akan diluncurkan pada akhir 2009 atau paling lambat awal 2010. Jadi kita tunggu saja duel besar dua raksasa dunia komputer Google VS Microsoft.

Salam,

DS

No comments: